Review Counter Strike – Global Offensive (CS:GO)

CS:GO, Game Tembak Menembak Besutan Rumah Produksi yang Sama dengan PUBG

Counter Strike: Global Offensive adalah permainan bergenre First-Person Shooter (FPS) yang dikembangkan dan dirilis oleh Hidden Path dan Valve Corporation yang juga mengembangkan game battle royale terkenal PUBG. Game yang sering disingkat dengan CS:GO ini rilis tahun 2012, lebih dulu dibanding PUBG. Permainan ini adalah game keempat dari seri Counter Strike dan tersedia untuk Microsoft Windows, OS X, Xbox 360, dan PlayStation 3 serta Linux.

Permainan CS:GO mempertemukan dua tim yakni tim Teroris dan tim Penakluk Teroris (Counter-Terrorists) yang harus bertarung dengan menembak satu sama lain. Masing-masing tim ditugasi untuk mengalahkan tim lawan sembari melengkapi tugas yang lain. Tim Teroris bergantung pada mode game yang digunakan, apakah harus menanam bom atau menangkap sandera. Sedangkan tim Counter-Terrorists harus mencegah bom ditanam, membuang bom, atau menyelamatkan para sandera. Ada 9 mode permainan yang memiliki karakteristik berbeda. Permainan ini juga memiliki pilihan matchmaking yang bisa menyediakan pemain dari server Valve.

CS:GO menerima beragam review positif dari kritikus pada awal perilisannya. Hal ini karena kemudahan alur permainannya dan kemiripan dengan seri permainan sebelumnya, walaupun banyak yang menyayangkan penggunaan fitur-fitur lama dan perbedaan versi konsol dan versi PC. Semenjak perilisannya, permainan ini telah dimainkan lebih dari 11 juta pemain per bulan. pada tahun 2018, Valve mengadakan transisi game ini dengan menjadikannya model permainan free-to-play yang berfokus pada pengumpulan item-item kosmetik.

Pada setiap akhir permainan, pemain akan diberi hadiah berdasarkan performa individu berupa mata uang dalam game yang bisa digunakan untuk membeli senjata atau perlengkapan yang dibutuhkan dalam putaran permainan. Pemain yang menang dan kalah akan tetap mendapatkan hadiah, dan terdapat bonus untuk pemain yang bisa membunuh musuh. Sedangkan membunuh teman satu tim akan dikenakan denda.

Counter Strike: Global Offensive memiliki sembilan mode permainan, yaitu Competitive, Deathmatch, Casual, Arm Race, Demolition, Flying Scoutsman, Weapons Course, Danger Zone, dan Wingman. Mode Competitive bisa dipilih untuk pemain yang ingin melawan satu sama lain dalam waktu 45 menit. Mode Deathmatch dan Casual bernuansa lebih santai. Kedua mode ini biasanya digunakan sebagai perangkat untuk latihan. Arms Race memiliki kemiripan dengan Gun Game pada game-game lainnya. Demolition menawarkan mode permainan serupa dengan Gun Game, walaupun pemain masih bisa menanam dan menjinakkan bom. Pemain hanya menerima pembaruan senjata api saat memulai ronde baru jika mereka berhasil membunuh musuh di ronde sebelumnya.

Mode Wingman adalah mode permainan menjinakkan bom selama 15 putaran. Mode ini juga serupa dengan mode Competitive dimana para pemain dibekali senjata SSG 08 dan sebuah pisau selama mereka bermain di tempat bergravitasi rendah. Mode Flying Scoutsman, Demolition, dan Arms Race terletak di tab War Games. Mode Danger Zone adalah mode battle royale dimana para pemain akan melawan 16 atau 18 pemain lainnya. Setiap pemain akan dibekali pisau dan harus mencari senjata sendiri, tablet, amunisi, perlengkapan lainnya dan juga uang. Periksa game manarik di www.pokerasia.cc, situs game online terbaik.

Pemain dapat membeli senjata, amunisi, dan perlengkapan lainnya melalui tablet dengan uang yang ditemukan secara acak di dalam bangunan dan dengan melaksanakan tugas seperti membebaskan sandera ke zona penyelamatan. Ada juga mode offline yakni Weapons Course yang digunakan untuk berlatih, misalnya cara menggunakan pistol dan granat, juga menjinakkan dan menanam bom.